Catat Ini 5 Lokasi Wajib Dikunjungi Saat Umrah

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda berencana melakukan ibadah umrah dalam waktu dekat? Ya, tak ada salahnya ketika umrah, Anda mengunjungi tempat-tempat yang mempunyai nilai sejarah mengenai peradaban Islam. Mulai dari kota Mekah sampai Madinah.

Perlu diketahui, dari berbagai tempat yang bakal dikunjungi saat Anda melakukan ibadah umrah, ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi. Apa saja itu? berikut ulasannya.

Bir Ali dan Tan’im

Bir Ali dan Tan’im merupakan tempat untuk melakukan miqot atau tempat untuk memulai ibadah umrah, berpakaian ihram serta mengucapkan niat umrah.

Untuk Bir Ali terletak di Kota Madinah dan merupakan syarat umrah yang utama. Sementara Tan’im terletak di Mekah dan merupakan sunah umrah atau syarat umrah kedua.

Masjid Al Haram dan Kabah

Untuk lokasi yang wajib kedua saat umrah ialah Masjid Al Haram dan Kabah. Tempat tersebut berlokasi di Kota Mekah dan menjadi rangkaian penting saat umrah.

Masjid Al Haram merupakan tempat utama untuk melakukan salat, sedangkan Kabah adalah tempat utama untuk melakukan tawaf.

Maqom Ibrahim

Maqom Ibrahim merupakan salah satu titik yang menjadi daya tarik bagi jemaah haji atau umrah di Masjidil Haram. Nah, banyak orang beranggapan bahwa Maqom Ibrahim adalah tempat dimakamkannya Nabi Ibrahim AS.

Maqam Ibrahim adalah sebongkah batu bekas telapak kaki Nabi Ibrahim. Di atas batu tersebut, Nabi Ibrahim berdiri dan meletakkan batu pertama pembangunan Kakbah bersama Ismail

Sofa dan Marwa

Lokasi ini menjadi tempat favorit bagi para jemaah umrah. Tempat ini adalah dua bukit yang terletak di Kota Mekah. Keduanya merupakan tempat untuk melakukan ibadah Sa’i dengan cara raml atau berlari-lari kecil hingga berjalan biasa. Bukit Marwa juga dijadikan tempat untuk melakukan tahalul atau bercukur saat umrah.

Masjid Nabawi

Masjid megah ini terletak di Kota Madinah. Masjid ini terpenting kedua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Makkah. Kawasan ini pun dianggap mustajab, terutama di Raudhah. Tempat ini aslinya adalah halaman rumah Nabi Muhammad SAW.

Nah, kalau sudah begitu rencanakan tempat itu di dalam catatan kecil Anda. Bagi kamu yang belum ada rencana bisa menabung mulai sekarang. Atau kamu bisa ikut program umrah gratis sebagai hadiahnya. Salah satunya program umrah dari Yamaha.

Yamaha Motor secara resmi mengumumkan nama para pemenang program umrah. Parapemenang berhak atas hadiah yang ditetapkan melalui pengundian tahap pertama yang telah dilakukan pada Senin, (30/8) di kantor pusat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Pulogadung, Jakarta Timur.

Yap, program tersebut digelar April – September 2018. Kini, Total sebanyak 63 orang pemenang program umrah yang diadakan Yamaha telah didapatkan melalui dua tahap pengundian. Yamaha pun mengumumkan nama 18 konsumen beruntung yang diperoleh lewat pengundian tahap kedua di kantor pusat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Pulogadung Jakarta Timur.

Total sebanyak 63 orang pemenang dari berbagai wilayah akan menjalankan ibadah umrah. Jumlah 63 orang sesuai dengan ulang tahun ke-63 Yamaha di tahun ini. Pemenang program tahap pertama umrah ini akan diberangkatkan pada tanggal 17 November 2018 dan akan disusul pada tahap kedua pada tanggal 4 Februari 2019.

Informasi lebih lanjut klik tautan ini dan dapat menghubungi contact center Yamaha :

(021) 2457 5555 / (021) 461 8000

(Adv)